UIN FAS Bengkulu – Dalam rangka menyambut kegiatan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) tahun 2025 yang akan digelar pada bulan Agustus mendatang, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu mulai melakukan persiapan intensif dengan menggandeng sejumlah mitra perbankan strategis. Kegiatan ini digagas oleh Layanan Kerjasama UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
Melalui kegiatan penyamaan persepsi dan koordinasi teknis, pihak universitas mengundang KPw Bank Indonesia Provinsi Bengkulu, Bank BRI, Bank Mandiri, dan Bank BTN untuk berpartisipasi aktif dalam pelaksanaan PBAK sebagai bagian dari sinergi membangun budaya kampus yang digital, inklusif, dan modern.
Pertemuan yang berlangsung pada Kamis (3/07/2025) dan turut dihadiri oleh Kepala Biro Administrasi Umum, Perencanaan, dan Keuangan (AUPK), Kepala Bagian Umum dan Akademik, serta Tim Kerja Sama UIN FAS Bengkulu.
Dalam sambutannya, Kepala Biro AUPK UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu, menyampaikan pentingnya menjaga dan mengoptimalkan kerja sama dengan sektor perbankan, terlebih saat kegiatan besar seperti PBAK. Ia menekankan bahwa digitalisasi transaksi bagi mahasiswa baru harus menjadi perhatian utama.
“Dengan adanya sosialisasi pihak bank kepada mahasiswa baru nanti, tentu akan sangat membantu mereka dalam bertransaksi digital. Semua serba aplikasi, serba online — tak perlu antre lagi ke bank atau ATM untuk proses pembayaran apa pun,” ujarnya.
Sementara itu, Kepala Bagian Umum dan Akademik, Dr. Sri Ihsan, M.Pd.I, menambahkan bahwa forum ini bertujuan untuk menyamakan persepsi teknis pelaksanaan PBAK mendatang, terutama terkait kontribusi perbankan dalam menyukseskan acara. Mulai dari pembukaan rekening baru, aktivasi QRIS, M-Banking, hingga pengenalan fitur unggulan masing-masing bank.
“Kegiatan ini penting untuk menyatukan pandangan dan memastikan tidak ada kendala teknis dalam pelaksanaannya. Kami ingin kegiatan sosialisasi dan edukasi perbankan nantinya dapat berjalan lancar dan sesuai ekspektasi bersama,” tegasnya.
PBAK 2025 di UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu dirancang tidak hanya sebagai ajang perkenalan lingkungan akademik, namun juga sebagai momentum membekali mahasiswa baru dengan literasi digital, khususnya dalam hal keuangan. Keikutsertaan mitra perbankan diharapkan mampu memperkuat atmosfer kampus yang adaptif terhadap perkembangan teknologi dan siap mendukung transformasi digital secara menyeluruh.
Dengan konsep kampus modern dan pelayanan berbasis digital, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu menegaskan komitmennya dalam membentuk generasi muda yang cakap teknologi, cerdas finansial, dan siap bersaing di era digital.