You are currently viewing Dari 1.700 Dosen se-Indonesia, 2 Dosen UINFAS Raih Terbaik PKDP

Dari 1.700 Dosen se-Indonesia, 2 Dosen UINFAS Raih Terbaik PKDP

UINFAS Bengkulu – Pelatihan Kompetensi Dosen Pemula (PKDP) yang diselenggarakan dengan skema kerja sama (kolaborasi) antara Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Badan Litbang dan Diklat l, serta Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN). Dari 1.700 dosen yang mewakili perguruan tinggi se-indonesia, 2 Dosen UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu sukses meraih terbaik 1 dan terbaik 2.

Zelvia Liska Afriani M.Pd sukses meraih peringkat pertama setelah dilakukan ujian evaluasi peserta, kemudian Evan Stiawan, MM,sukses meraih peringkat 2 dan Iwan Romadhan Sitorus, M.H.I sukses meraih peringkat katagori terdisiplin.

PKDP merupakan pelatihan untuk dosen pemula guna mengembangkan empat kompetensi dosen yaitu  professional, paedagogik, kepribadian, dan kompetensi sosial. Ada beberapa Perguruan Tinggi Penyelenggara (PTP) Pelatihan Kompetensi Dosen Pemula (PKDP).

Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung (RIL) yang merupakan salah satu Perguruan Tinggi Penyelenggara (PTP) Pelatihan Kompetensi Dosen Pemula (PKDP), dan 16 Dosen UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu menjadi bagian dari peserta di lokasi UIN Raden Intan lampung.

Kegiatan pelatihan ini dilaksankan selama beberapa hari yaitu dari tanggal 26-30 desember 2022 di Emersia Hotel Bandar Lampung. Dari 1.700 peserta PKDP yang terbagi diberbagai tempat, Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung (RIL) memiliki 102 peserta.

Dirjen Pendidikan Islam Muhammad Ali Ramdhani, mengatakan, peran dosen sangat strategis di era disrupsi, baik peran pendidikan dan pengajaran, penelitian dan publikasi ilmiah, maupun pengabdian kepada masyarakat.

Dani panggilan akrab Dirjen Pendidikan Islam ini berpesan agar para dosen memperkuat karakteristik dari mulai gaya mengajar yang merangsang belajar, kemampuan berkomunikasi secara jelas, menguasai materi perkuliahan dan kesiapan materi yang terorganisir dengan baik. 

Selain itu, lanjut Dani, dosen harus memiliki karakter antusiasisme yang dinamis, kepedulian pribadi terhadap mahasiswa, keterampilan berinteraksi, fleksibilitas kreativitas dan keterbukaan, serta memiliki kepribadian yang kuat dan komitmen. (iw,hms)